ESTEEM, KETIKA SESEORANG HAUS PENGAKUAN



Hai kawula muda!

Di Weekend seperti hari minggu ini adalah hari yang sangat bagus untuk meluangkan waktu untuk beristirahat, berkumpul dengan keluarga dan juga hangout bersama-sama teman kalian semua sebelum memulai berkegiatan seperti biasanya di hari senin. Biasanya setiap kalian semua berjalan - jalan dengan teman ataupun keluarga, pasti kalian akan melakukan upload di media social apa yang kalian lakukan saat itu juga. Apa yang kalian lakukan tadi itu, ada kaitan nya nih sama postan kali ini, ingin tau apa kaitan nya dengan postan ini? oke kita akan bahas!

ANALISIS THE GREAT SHIFTING BAB 9

ESTEEM ECONOMY
KETIKA SETIAP ORANG HAUS PENGAKUAN

Hasil gambar untuk orang bermain media sosial


Pada zaman teknologi yang canggih ini,membuat banyak orang bergantung pada media sosial. Ada sisi negatif dan sisi positif. Dari sisi negatif dapat kita lihat bahwa banyak orang yang menjadikan sosial media sebagai tempat untuk mengeluarkan pendapat secara negatif atau contoh nya sebagian orang cenderung memberikan komentar negatif secara bebas tanpa pandang bulu atau menjadikan sosial media mereka sebagau ajang untuk pamer,mencari sensasi agar mendapat pengakuan. Dari sisi positif nya, semua orang dapat menjadikan sosial media sebagai tempat promosi berbahagau hal,mendapat/berbagi informasi secara cepat dan tepat. Teknologi sudah mengubah perasaan,pikiran dan tindakan manusia.

 - Esteem self 

sendiri mempunyai banyak dampak negatif dan hanya sedikit sebagian yang mempunyai sisi positif. Seseorang terlalu berambisius untuk mendapatkan pengakuan sehingga mereka sering kali tidak memikirkan dampaknya. Banyak orang yang berlaku tidak pada biasanya. Mereka terus menerus melakukan hal hal yang tidak pada biasanya demi terlihat hebat di sosial media dan berharap menjadi terkenal atau menjadi tolak ukur. Ketika eksistensi menjadi penting bagi kids zaman .
Menurut saya sebaiknya kita lebih terkontrol untuk pemakaian teknologi. Karena apabila kita terus terbuai oleh teknologi maka kita menjadi tidak peka terhadap lingkungan. Contoh kecil nya adalah saat seseorang terkena musibah seperti kecelakaan tidak sedikit orang yang langsung ambil gambar lalu memposting nya ke sosial media bukan langsung menolong.
Pada zaman ini gambaran ekonomi anak muda sekarang kita sebut sebagai esteem economy. Suatu kumpulan manusia yang merindukan pengakuan. Pengakuan bahwa dia sudah pernah menjajaki suatu tempat,apabila dia yang pertama datang maka ia akan lebih di hargai.

Menurut Maslow (1943) kebutuhan manusia terbagi menjadi 5,seperti terlihat pada  diagram ini.


Zaman beralih,teknologi yang di pakai pun berubah dengan pesat. Pada zaman dulu pada saat libur datang maka orang akan memakai nya untuk beristirahat,tetapi pada zaman ini maka orang akan berlomba-lomba menggunakan nya untuk memenuhi kebutuhannya pada lapis ke empat yaitu prestis,pengakuan dan penerimaan.

KULINER BERDAMPAK ESTEEM ECONOMY

Banyak perubahan yang terjadi pada zaman ini. Pada zaman dulu seseorang akan datang karna cita rasa makanan yang tidak ada dua nya. Tetapi untuk zaman millenial, seseorang akan berlomba-lomba datang karna tempatnya yang unik. Dampak negatif nya adalah pemilik rumah makan akan mengabaikan cita rasa atau kualitas makanannya.

- Esteem economy 

bagi mereka hanyalah sebagai pendorong. Bisa jadi tidak akan bertahan lama. Karna yang bertahan lama itu selalu human needs, bukan human wants. Dengan adapun Esteem Economy, bisa kita ambil contoh jika seseorang datang ke suatu restaurant, walaupun restaurant tersebut memiliki harga yang mahal, makanan nya kurang tidak enak, dan juga menu di sajikan sama saja dengan makanan yang ada di kaki lima, tetapi restaurant tersebut memiliki tempat yang unik, dari hiasan, furnitur dan tempat nongkrong yang asik. jadi restaurant tersebut memiliki pelanggan yang setia untuk terus datang demi untuk sebuah ke prestige-an orang tersebut di mata publik. bahkan bisa membuat seseorang menjadi iri atau menimbulkan kecemburuan sosial

IHH SEREEMMM...

Hasil gambar untuk orang foto makanan

Jadi sudah tau kan apa kaitan nya dengan yang kita lakukan dengan postan ini? berhati - hati lah di media sosial sobatt...




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu konsep Teori Antrian?

Konten Marketing? apasih itu? dan juga penjelasan suatu brand dan Marketing Mix dari brand tersebut.