Content Marketing? itu apa?
hello my friend
lama tidak berjumpa kawan, bagaimana hari libur anda? menyenangkan? pastinya menyenangkan 😃. Di postan kali ini, kita akan membahas seputar pertanyaan konten marketing nih, jadi yang belum tau apa itu konten marketing yuk kita baca postan ini biar dapat wawasan tambahan 😉.
1. Kesalahan
terbesar apa yang harus dihindari pada content marketing?
ØMembuat
konten yang tidak dibutuhkan orang
Solusi
: jangan menulis konten kecuali dengan tujuan membantu konsumen menyelesaikan
masalah.
ØTidak
melakukan evaluasi
Solusi
: pastikan koonten yang diterbitkan benar-benar berkualitas
ØFokus
pada kuantitas
Solusi
: harus fokus pada kualitas konten.
ØMengincar
viralitas
Solusi
: jangan membuat konten dengan tujuan viral. Buatlah konten dengan tujuan yang
bermanfaat.
ØMelenceng
dari visi
Solusi
: sebelum memulai, tentukan dahulu apa tujuan yang ingin dicapai.
ØTerpaku
pada satu audiens
Solusi
: buat variasi tentang ke mana dan seberapa sering konten harus diterbitkan
ØMeremehkan
status quo
Solusi
: sediakan layanan untuk menbantu transisi konsumen dari metode analog atau
tradisional le yang lebih modern
2. Mengapa
setiap perusahaan memiliki strategi content marketing dalam penerapan
pemasarannya?
ØContent
marketing
adalah salah satu cara paling efektif bagi para
pebisnis online untuk memasarkan bisnisnya.
Ini
dikarenakan pelanggan hanya memilih untuk berinteraksi dengan konten yang
menarik minat mereka, berlawanan dengan marketing tradisional.
ØContent
marketing dianggap sebagai strategi marketing yang harus dilakukan karena
konten berbicara langsung kepada pelanggan. Dengan
adanya konten, kita bisa
meningkatkan komunikasi antara merek dan klien, baik dalam hal yang kita
katakan
dan seberapa kuat dampaknya terhadap mereka.
ØMerupakan
cara suatu perusahaan agar mengenal produk yang dijualnya kepada masyarakat,
cara persuasif untuk menarik customer.
Contoh
:
ØNike,
yang mencoba memanfaatkan Twitter sebagai media
layanan pelanggan yang cepat tanggap. Jika
kita menjelajahi akun Twitter Nike, @NikeSupport,
kita akan melihat bahwa mereka sangat cepat
dalam merespons pertanyaan atau pernyataan para pelanggannya.
ØHermes,
merek
yang sudah berdiri sejak 179 tahun yang lalu berhasil mempertahankan komitmen
dalam merancang dan menciptakan cita rasa yang sempurna, dan menuangkannya
dalam content marketing. Coba saja jelajahi dunia Hermes pada blog mereka, kita
akan dibawa menuju acara-acara yang akan
mereka adakan, koleksi, video, dan konten-konten lainnya di bawah kategori
tertentu.
3.
Apa
keuntungan dan kerugian dari pemasaran yang dilakukan secara online dan offline
Keuntungan
pemasaran online.
•
Dapat di lihat secara global, karena pemasaran online dapat dilihat oleh banyak
orang secara mudah dan fleksibel mencakup banyak nya orang.
•Efisiensi
dalam hal biaya
•Kemudahan
dalam hal pengelolaan SDM
•Produktifitas
bertambah
•Kemudahan
dalam hal pengawasan
Kekurangan
pemasaran online
•Informasi
produk hanya sebatas teks dan gambar
•Bagi
sebagian orang iaya internet mahal untuk hanya melihat sebuah iklan
•Jarang
nya orang yang membaca secara utuh iklan, selebihnya hanyal melihatnya
•Seringnya
terjadi penipuan yang memuat kostumer tidak percaya terhadp iklan yang di
Tampilkan
•Adanya
kesalah teknis suatu software yang dapat merugikan suatu iklan
Keuntungan
pemasaran offline
•Dapat
langsung membayar cash di tempat itu juga
•Dapat
melihat barang yang di jual secara langsung
•Tidak
di perlukan biaya pengiriman
•Tingkat
kepercayaan yang tinggi terhadap kostumer
•Dapat
dengan mudah melayani kostumer yang memiliki komplain atau pengembalian.
Kekurangan
pemasaran offline
•Melihat
kondisi, jika kondisi kostumer tidak memungkinkan datang maka transaksi bisa
dibatalkan atau di undur
•Perlu
memiliki kemampuan sales yang tinggi
•Membutuhkan
tenaga kerja yang lumayan banyak, sehingga membuat penambahan dalam hal biaya
•Melakukan
promosi yang ekstra dari mulut ke mulut, brosur, dll.
•Membutuhkan
tenaga ekstra.
4.
Apakah
perbedaan antara branding dan pemasaran?
•Branding
adalah suatu identitas perusahaan atau produk yang membuat kostuer mengingat
branding tersebut dan tidak berpaling ke brand lain. Sedangkan
•Marketing
merupakan upaya yang dilakukan untuk
memperluas cakupan pasar, membuat brand/merk semakin dikenal dan dapat
menjaring pelanggan baru sehingga potensi pendapatan dapat mengalami
peningkatan di kemudian hari.
-Branding
adalah
strategi sedangkan marketing adalah taktik.
Contohnya
:
ØBranding,
seperti Starbucks merek kedai kopi yang sudah sangat terkenal di semua
kalangan.
ØMarketing,
sistem endorse dan taktik selling
(pemberian bonus, diskon, cashback, dan sebagainya).
nah kawan, sudah jelas belum dengan apa yang di namakan konten marketing? semoga dengan mengerti apa itu konten marketing kalian bisa menerapkan di kehidupan kalian sehari hari ya kawann 😆
Komentar
Posting Komentar