Apa itu Content Marketing?
Content Marketing adalah suatu strategi dalam pemasaran, dimana kita sendiri merencanakan, membuat dan menjual suatu produk yang telah kita buat ke audiens. Dengan ada nya audiens tersebut, produk yang kita jual dapat terjual dan dalam hal tersebut audiens tersebut dapat tertarik menjadi costumer.
Menurut The Copyblogger, strategi content marketing adalah membuat pelanggan lebih memahami perusahaan itu sendiri.“Then they will “know-like-trust” the company to be able to do business with in the future”(The Copyblogger 2013 dalam Duc Le M).
Content marketing merupakan model pemasaran digital terbaik untuk saat ini.Tujuan dari content marketing ini adalah untuk menarik audience baru mengenal bisnis kita dan mendorong atau mengajak mereka untuk menjadi customer. Konten dalam content marketing dapat berupa gambar, video, audio, tulisan. Yang terpenting konten yang kita buat harus menarik dan dapat menarik audience menjadi customer hingga terjadinya pembelian (purchase).
Content marketing tidak hanya menampilkan suatu bentuk promosi dari barang atau jasa yang dijual melainkan memberikan konten informatif yang bermanfaat bagi masyarakat yang dapat menjadikan audience menjadi customer kita.
Dengan menyediakan konten, kita juga akan membuka channel baru untuk mendatangkan pengunjung selain dengan iklan. Seperti: Search engine, Social media, Situs komunitas, Website milik orang lain, Email dan lain-lain.
Studi kasus Content Marketing Pada Suatu Perusahaan:
Traveloka.com
Traveloka adalah suatu brand/perusahaan yang memakai Contenct Marketing untuk memasarkan Produk - produk mereka. Perusahaan tersebut merupakan suatu perusahaan besar di Indonesia yang berfokus di bidang Pariwisata. Di website ini terdapat pula, harga tiket hotel, tempat wisata, bus, kereta, pesawat dll. yang membuat website sangat lengkap sehingga audiens tidak perlu membeli ke tempatnya langsung.
Content Marketing yang di pakai oleh perusahaan Traveloka yaitu Aplikasi, Video dan juga Social Media. Traveloka memiliki aplikasi untuk memberikan kemudahaan kepada costumer nya yang dapat langsung di akses lewat smartphone, dengan begitu aplikasi sangat di butuhkan dalam hal booking hotel, kereta, pesawat, dll agar lebih fleksibel kapan pun dimana pun.
Traveloka juga memakai Content Marketing dalam hal video, seperti contoh nya yang kita lihat di TV ataupun di youtube ada iklan Traveloka. dengan begitu Traveloka mengajak audiens untuk memilih Traveloka sebagai Travel yang cepat, fleksibel dan mudah untuk di akses. Sehingga strategi ini sangat bagus dalam hal berbisnis.
Traveloka juga memiliki media sosial sebagai strategi marketing mereka untuk memberitahukan kepada konsumen suatu promosi, menjawab petanyaan kostumer ataupun menjawab keluh kesah dari konsumen. Sehingga dengan ini, Traveloka tidak ingin kehilangan kostumer nya dengan memberikan layanan seperti ini dan juga agar lebih dengan dengan kostumer
jadi sudah paham belum tentang Content Marketing? semoga dengan tread ini, anda bisa lebih memahami apa itu content marketing dan juga semoga lebih bermanfaat.
salam kami
(Muhammad Admiral - Anisa Fitri Febrianti - Githa Annisa - Kemal Ataabik)
Sumber : https://www.kanal.web.id
Komentar
Posting Komentar