Apa itu Marketing Mix dalam Digital Marketing?

 Kotler dan Amstrong, Marketing Mix adalah sekumpulan variabel – variabel marketing, yang digunakan oleh perusahaan untuk mengejar target penjualan yang diinginkan. Marketing mix merupakan strategi pemasaran yang dilaksanakan secara terpadu atau strategi pemasaran yang dilakukan secara bersamaan. Strategi tersebut digunakan dengan menerapkan elemen strategi yang ada dalam marketing mix itu sendiri.

 Hasil gambar untuk marketing mix

Marketing mix ini sendiri tergolong ke dalam strategi pemasaran. Strategi bisnis satu ini menjadi penting untuk dilakukan atau perusahaan  karena marketing mix ini sebenarnya merupakan suatu pokok pertimbangan konsumen dalam mengambil keputusan apakah akan membeli atau menyewa suatu produk maupun jasa yang ditawarkan.

Jika suatu perusahaan tidak peka soal apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh konsumennya, maka dapat dipastikan bahwa perusahaan itu akan kehilangan banyak kesempatan dalam menjaring konsumen. Akibatnya, produk atau jasa mau sebagus atau seinovatif apapun akan menjadi sia-sia saat ditawarkan.

Teknik 4P – 7P Marketing Mix

  1. Product (Produk)

Produk adalah segala bentuk penawaran yang kita lakukan kepada klien atau customer, yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan dari pelanggan itu sendiri.

  1. Price (Harga)

Harga yang dimaksud adalah sejumlah uang yang harus dibayar oleh user atau klien untuk mendapatkan produk yang ditawarkan. Jadi fokus dalah hal ini adalah bagaimana caranya kitta dapat membuat pelanggan merasa pengeluarannya sesuai dengan apa yang dia dapat (worth it)

  1. Saluran Distribusi (Place)

Saluran distribusi ini sendiri adalah berbagai kegiatan atau upaya apapun yang dilakukan oleh perusahaan untuk membuat produk atau jasanya mudah diperoleh atau tersedia di tangan konsumen maupun pelanggannya.

  1.  Promotion (Promosi)

Promosi yang dimaksud adalah sebuah upaya persuasi (bujukan atau dorongan) untuk mengajak para konsumen maupun calon konsumen untuk membeli (atau menggunakan) produk maupun jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan.

  1. People (SDM)

Faktor sumber daya manusia sangat menentukan maju tidaknya sebuah perusahaan. Tak dapat kita pungkiri bahwa faktor ini berperan penting dalam membuat suatu kemajuan atau bahkan kemunduran dari suatu perusahaan. Maju atau tidaknya suatu perusahaan sangat tergantung dengan kualitas sumber daya manusia yang dipekerjakan.

  1. Process (Proses)

Proses yang dimaksud adalah urutan pelaksanaan atau kejadian yang saling terkait yang kemudian bersama-sama mengubah masukan menjadi keluaran. Pada perusahaan produsen, pelaksanaan ini dapat dilaksanakan oleh manusia atau mesin dengan menggunakan berbagai sumber daya yang ada.

  1. Packaging (Kemasan)

Kita harus memikirkan segala hal yang dilihat pelanggan sejak kontak pertama yang mungkin terjadi dengan perusahaan kita hingga sepanjang jalan dan proses pembeliannya. Kemasan mengacu pada cara produk atau layanan muncul dari luar. Kemasan juga mengacu pada orang-orang di perusahaan dan bagaimana mereka berpakaian dan berperilaku saat berinteraksi dengan pihak luar.

Strategi marketing ini wajib dilakukan secara menyeluruh. Teori marketing mix dengan teknik 7P di atas perlu diimplementasikan oleh perusahaan manapun sebagai suatu upaya dalam memenuhi target penjualan produk maupun layanan yang ditawarkan.

Digital Marketing (pemasaran digital) adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Marketing mix dalam digital marketing sangat dibutuhkan kita agar bisnis yang kita jalankan melalui internet tersebut dapat berjalan dan mengalami kemajuan. Digital marketing dapat berupa email, mobile, iklan, radio dan lain-lain. Dengan adanya digital marketing kita dapat mempromosikan produk yang dikita jual dengan sekali klik dengan proses persebaran yang cepat dan lebih efektif dan efisien jika dibandingkankan dengan cara konvensional. Marketing mix dalam digital marketing juga diperlukan untuk membuat suatu produk dapat lebih menarik konsumen tanpat kehilangan konsumen, karena dengan di pakainya marketing mix dalam digital marketing sudah mempertimbangkan apa yang akan di lakukan dengan matang. Sehingga, suatu perusahaan tidak membuat suatu produk tidak gagal karena memakai cara strategi yang benar.

Hasil gambar untuk digital marketing

Karena pada era globalisasi seperti ini, dunia digital sangat di butuhkan dalam kehidupan sehari - hari, setiap manusia membutuhkan untuk terhubung dengan yang lain, seperti media sosial, aplikasi dll yang membutuhkan internet. Dengan adanya internet, Digital marketing sangat cepat untuk memasarkan suatu produk dan dapat menarik konsumen. Sedangkan Marketing mix sebagai strateginya yang mengatur suatu produk agar produk tersebut dapat diterima oleh konsumen.

ini lah sedikit rangkuman tentang Digital Marketing dan Juga Marketing Mix, sehingga jika kita ingin membuat suatu produk tidak salah ambil langkah. semoga dapat membantu kalian xoxoxoxo.

(Muhammad Admiral - Anisa Fitri Febrianti - Githa Annisa - Kemal Ataabik)

Sumber : https://www.dewaweb.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu konsep Teori Antrian?

ESTEEM, KETIKA SESEORANG HAUS PENGAKUAN

Konten Marketing? apasih itu? dan juga penjelasan suatu brand dan Marketing Mix dari brand tersebut.